Mereguk Eksotisnya Kawasan Curug Nangka

TRAVELOUNGE.CO I JAKARTA – Soal destinasi alam, Bogor memang lumayan bejibun. Banyak pilihan yang bisa disambangi. Salahsatunya adalah Kawasan Wisata Curug Nangka. Sayangnya cuma disebut Curug Nangka, padahal di kawasan ini juga terdapat Curug Tuan, Curug Daun dan Curug Kawung.

Berlibur ke Curug Nangka adalah pilihan asyik untuk meraih kesegaran. Banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di lokasi curug, dipastikan dapat memberi kesegaran, kenyamanan dengan suasana yang berbeda.

Kota Bogor memiliki suhu udara sejuk dengan berbagai obyek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Dari sekian banyak obyek wisata yang ada, curug atau air terjun menjadi salah satunya yang banyak ditemukan menghiasi daftar tempat wisata di kota Bogor.

Ada puluhan curug di kota yang berjuluk kota hujan ini. Dan salah satunya yang cukup menyita perhatian, adalah Curug Nangka yang bahkan disebut-sebut sebagai salah satu obyek wisata favorit di kota Bogor.

Ada dua gerbang atau pintu masuk yang mengarah ke Curug Nangka. Untuk motor dengan satu orang penumpang kita harus. bayar Rp. 24.500 dengan perincian karcis Masuk Rp.7.500, karcis jasa informasi Rp.7.500, karcis motor Rp. 7.500. Totalnya Rp. 22.500. Bukan sulap bukan sihir, penjaga gerbang minta kita bayar 24.500. Pas dibilangin lebih Rp.2000, dia malah jawab pokoknya bayar segitu! Mo ngedebat malas, ah. Ya udah bayar aja.

Gak asyiknya lagi, pas di dalam harus bayar parkir motor lagi Rp.7.500. Berdebat lagi. Cape juga kan ? Tapi biasa deh pengelolaan kawasan wisata kita. Heeergh PR ribet nih buat Bang Sandi ( Menteri Parekraf).

Gimana kalau itu wisatawan mancanegara ya? Soalnya untuk wisatawan asing, pengelola membebankan harga tiket yang cukup mahal. Bagi para bule yang ingin berwisata ke sini, untuk masuk mereka harus membayar tiket dengan harga Rp150.000 per orang. Gak tau deh yang lain-lainnya. Tuh bule pasti lebih pusing.

Pengelolaan obyek wisata Curug Nangka di-handle langsung oleh pemerintah kota Bogor. Karenanya, fasilitas umum di tempat ini lumayan tersedia dengan cukup lengkap.

Curug Nangka terletak di kaki Gunung Salak tepatnya di ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Alamat lengkapnya berada di Tamansari, Sukajadi, Bogor, Jawa Barat.

Rute ke Curug Nangka naik motor ataupun mobil serta bus cukup mudah untuk dilalui. Jalanan yang mengarah ke lokasi curug ini pun sudah teraspal dengan baik dan lebar, lebarnya kira-kira cukup untuk 2 mobil. Kawasan wisata Curug Nangka dibuka untuk umum dari pagi sampai sore. Jam buka curug ini dimulai dari pukul 06.30 – 19.00 WIB setiap harinya baik di hari kerja ataupun hari libur.

Curug Nangka menawarkan pesona perpaduan keindahan alam kota Bogor yang sejuk dengan indahnya obyek curug plus tantangan rute perjalanan yang harus dilewati pengunjung untuk sampai dilokasinya.

Beratnya medan yang harus ditaklukkan untuk sampai di area curug, seolah menjadi harga mahal yang harus dibayar pengunjung sebelum menikmati eksotisme curug yang tiada duanya. Tapi tenang, tangganya sudah rapi dan aman dijejaki

BACA JUGA: e-tourism Go Mandalika Diluncurkan

Sesampainya di lokasi curug, para wisatawan akan disambut dengan indahnya panorama alam yang mengelilingi area sekitar curug. Di sekeliling, terlihat rimbunan pohon pinus yang secara alami tertata rapi sehingga menampilkan panorama indah luar biasa.

Daya tarik utamanya tentu tetaplah obyek curugnya, yakni Curug Kawung yang berketinggian sekitar 25 meter serta Curug Nangka dengan debit air yang cukup deras. Air yang mengalir ke Curug Nangka ini tidak pernah kering walau di musim kemarau sekalipun.

Selain jernih, airnya juga bersih sehingga akan sangat aman bagi siapapun untuk melakukan aktifitas berenang ataupun bermain air di kolam alami yang ada di bawah curug. Berenang dan berendam. Auuuuuh seger luar biasa. Tapi harus hati- hati ya. Soalnya dipenuhi bongkahan batu raksasa yang juga jadi pemandangan yang eksotis
Beraktivitas Asyik di Curug Nangka

Memang asyik memandangi kecipak  dan deru air curug. Tapi liburan di Curug Nangka akan lebih berkesan dan bermakna apabila diisi juga dengan aktifitas lainnya. Mau tahu aktifitas yang bisa dilakukan disini?  Ini dia catatannya:

1.Trekking

Aktifitas pertama kali yang bahkan pasti akan dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang ke Curug Nangka adalah trekking.

Jalur atau lintasan dari pintu gerbang ke area curug yang terbilang sulit karena berliku dan menanjak. Mengharuskan siapapun untuk menyiapkan tenaga dan fisiknya untuk menaklukkan lintasan sejauh kurang lebih 700 meter ini.

Mungkin bagi sebagain pengunjung akan sangat melelahkan. Namun bagi sebagian lainnya terutama yang menyukai trekking, perjalanan dari pintu masuk hingga lokasi air terjun tentunya merupakan perjalanan yang menyenangkan.

2. Berenang dan Menyelam

Perjalanan yang melelahkan untuk sampai di lokasi curug bisa dihilangkan dengan langsung melakukan aktifitas berenang di kolam alami curug.

Dengan air yang jernih dan bersih, rasa lelah dan peluh keringat akan tergantikan dengan kesegaran yang tiada tara. Berendam lama lama deh disini. Asyik kok.

3.Camping

Dikawasan obyek wisata Curug Nangka juga tersedia area camping yang luas dan nyaman. Bagi Anda yang suka camping, Anda bisa bermalam di area ini dengan membayar retribusi sebesar Rp5000 saja.

Ga bawa tenda, gampang. Sewa aja. Buat makan gak usah repot. Ada kios yang menyediakannya. Gampang kan?

4.Hunting Foto

Spot untuk berburu foto yang paling indah tentunya di sekitar area curug.  Kita bisa berfose di depan curug yang terlihat gagah dengan dindingnya yang tinggi menjulang.

Selain itu, spot foto terbaik di Curug Nangka bisa ditemukan di kawasan hutang pinus. Di sini sudah disediakan beberapa bangku sebagai tempat duduk ataupun tempat berfose di depan kamera.

Dengan latar ratusan pohon pinus yang berjejer dengan rapinya, foto kita pasti akan terlihat lebih cantik dan menarik.

5. Bersantai

Curug Nangka disebut sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bogor.  Panorama alam dan keindahan Curug Nangka begitu mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Asyik menyaksikan deburan air dan aktifitas orang-orang di bawahnya, kita bisa duduk santai mengarungi waktu sambil ditemani secangkir kopi atau teh dan gorengan. Nyam nyaaam….Tapi awas, meleng sedikit gorengan disambar gerombolan kera yang berseliwuran  dengan bebas dikawasan itu.